Senin, 21 November 2011

metode harga pokok proses-pengantar



METODE HARGA POKOK PROSES - pENGANTAR

1.      KARAKTERISTIK METODE HARGA POKOK PROSES
Metode pengumpulan biaya produksi ditentukan oleh karakteristik proses produk perusahaan. Dalam perusahaan yang memproduksi massa, karakteristik produksinya adalah sebagai berikut :
a.       Produk yang dihasilkan merupakan produk standar.
b.      Produk yang dihasilkan dari bulan ke bulan adalah sama
c.       Kegiatan produksi dimulai dengan diterbitkannya perintah produksi yang berisi rencana produksi produk standar untuk jangka waktu tertentu.
Perbedaan Metode Harga Pokok Proses dengan Metode Harga Pokok Pesanan
Untuk memahami karakteristik metode harga pokok proses,berikut ini disajikan perbedaan metode harga pokok proses dengan harga pokok pesanan. Perbedaan diantara dua metode pengumpulan biaya produksi tersebuk terletak pada :
1.      Pengumpulan biaya produksi
2.      Perhitungan harga pokok produksi per satuan
3.      Penggolongan biaya produksi
4.      Unsur biaya yang dikelompokkan dalam biaya overhead pabrik.
Pengumpulan Biaya Produksi
Metode harga pokok pesanan mengumpulkan biaya produksi menurut pesanan. Sedangkan metode harga pokok proses mengumpulkan biaya produksi per departemen produksi per priode akuntansi
Perhitungan Harga Pokok Produksi Per Satuan
Metode harga pokok pesanan menghitung harga pokok produksi per satuan dengan cara membagi total biaya yang dikeluarkan untuk pesanan tertentu dengan jumlah satuan produk yang dihasilkan dalam pesanan yang bersangkutan. Metode harga pokok proses menghitung harga pokok produksi per satuan dengan cara membagi total biaya produksi yang dikelurkan selama periode tertentu dengan jumlah satuan produk yang dihasilkan selama periode yang bersangkutan.
Penggolongan Biaya Produksi
Di dalam harga pokok pesanan, biaya produksi harus dipisahkan menjadi biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung. Di dalam metode harga pokok proses, pembedaan biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung seringkali tidak diperlukan, terutama jika perusahaan hanya menghasilkan satu macam produk (seperti perusahaan semen, pupuk, dan bumbu masak).
Unsur yang Digolongkan dalam Biaya Overhead Pabrik
Di dalam metode harga pokok pesanan, biaya overhead pabrik terdiri dari biaya bahan penolong, biaya tenaga kerja tidak langsung dan biaya produksi lain selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Di dalam metode harga pokok proses, biaya overhead pabrik terdiri dari biaya produksi selain biaya bahan baku dan bahan penolong dan biaya tenaga kerja (baik yang langsung maupun yang tidak langsung).
2.      MANFAAT INFORMASI HARGA POKOK PRODUKSI
Dalam perusahaan yang berproduksi massa, informasi harga pokok produksi yang dihitung untuk jangka waktu tertentu bermanfaat bagi manajemen untuk :
1.      Menentukan harga jual produk
2.      Memantau realisasi biaya produksi
3.      Menghitung laba atau rugi periodik
4.      Menentukan harga pokok persedian produk jadi dan produk dalam proses yang disajikan dalam neraca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar