Senin, 21 November 2011

metode harga pokok pesanan a


Metode Harga Pokok Pesanan (Full Costing)

Metode Harga Pokok Pesanan , dalam metode ini biaya-biaya produksi dikumpulkan untuk pesanan tertentu dan harga pokok produksi per satuan dihitung dengan cara membagi total biaya produksi untuk pesanan tersebut dengan jumlah satuan produk dalam pesanan yang bersangkutan.
Karakteristik Metode Harg Pokok Pesanan,
1.                  Perusahaan memproduksi berbagai macam produksi sesuai dengan spesifikasi pemesan dan setiap jenis produk perlu dihitung harga pokok produksinya secara induvidual.
2.                  Biaya produksi harus digolongkan berdasarkan hubungannya dengan produk menjadi dua kelompok berikut ini: biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung.
3.                  Biaya produksi langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung, sedangkan biaya produksi tidak langsung disebut dengan istilah  biaya overhead pabrik.
4.                  Biaya produksi langsung diperhitungkan sebagai harga pokok produksi pesanan tertentu berdasarkan biaya yang sesungguhnya terjadi, sedangkan biaya overhead pebrik diperhitungkan kedalam harga pokok pesanan berdasarkan tarif yang ditentukan di muka.
5.                  Harga pokok produksi per unit dihitung pada saat pesanan selesai diproduksi dengan cara membagi jumlah biaya produksi yang dikeluarkan untuk pesanan tersebut dengan jumlah unit produk yang dihasilkan dalam pesanan yang bersangkutan.

Manfaat Informasi Harga Pokok Produksi per Pesanan
Dalam perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan, informasi harga pokok produksi per pesanan bermanfaat bagi manajemen untuk:

1.                  Menetukan harga jual yang akan dibebankan kepada pemesan.
2.                  Mempertimbangkan penerimaan atau penolakan pesanan.
3.                  Mementau realisasi biaya produksi.
4.                  Menghitung laba atau rugi tiap pesanan.
5.                  Menentukan harga pokok persediaan produk jadi dan produk dalam proses yang disajikan dalam neraca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar